blog post

Para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (HIMA FE UKI) melakukan rangkaian kunjungan pendidikan pada hari Kamis (24/3). Setelah melakukan kunjungan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mereka segera menuju Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang terletak di Jalan Salemba Raya No. 28A, Jakarta Pusat. Tiba di Perpusnas RI, para mahasiswa diajak masuk ke Ruang Teater Perpusnas RI untuk menerima sosialisasi tentang perpustakaan terlengkap dan terbesar di Indonesia tersebut.

 

Penyerahan cindera mata dari Perpusnas RI untuk FE UKI

Mahasiswa disambut langsung oleh Drs. Agus Sutoyo, M.Si., selaku Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum Perpusnas RI dan beberapa stafnya. Agus mengatakan bahwa Perpusnas RI memiliki dua buah gedung, yang pertama terletak di Jl. Salemba Raya dan yang kedua berada di Jl. Medan Merdeka Selatan 11, Jakarta Pusat. Gedung Perpusnas di Medan Merdeka Selatan adalah gedung baru 24 lantai yang akan ditempati akhir tahun 2016 ini dengan sarana dan prasarana yang lebih canggih.

Agus menyampaikan, Perpustakaan Nasional RI adalah lembaga tertinggi di bidang perpustakaan. Perpusnas RI, bukan berada di bawah Pemda DKI, melainkan Lembaga Pemerintah NonKementerian (LPNK) di mana kepalanya setingkat dengan menteri dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Secara koordinasi, Perpusnas berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Saat ini Perpusnas RI memiliki koleksi lebih dari 2,5 juta judul buku, di mana naskah kuno yang tersimpan sudah mendunia. Koleksi naskah kuno yang mendapat pengakuan dunia adalah naskah Kertagama dan Babad Pangeran Diponegoro.

“Kita ini semua sebagai anak bangsa Indonesia harus bangga karena nenek moyang kita berabad-abad lalu sudah cerdas,” ujar Agus Sutoyo.

 

Suasana penyuluhan tentang Perpusnas di ruang Teater Perpusnas RI

Setelah mendapatkan pembekalan dari Agus, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai tata cara mengakses Perpusnas RI secara mudah melalui website resminya di www.pnri.go.id. Mereka dibimbing oleh para Staf Layanan Koleksi Umum Perpusnas RI.

Di akhir kunjungan, para mahasiswa berkesempatan mendaftar sebagai anggota Perpusnas RI dan mendapatkan kartu anggota secara gratis.