blog post

Kita sibuk membicarakan demokrasi tapi lupa bahwa pertahanan dan keamanan nasional merupakan aspek yang sangat penting,” tutur Dr. Barita Simanjuntak selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia dalam sambutannya pada seminar bertema Konsep Keamanan Nasional, Rabu (8/6) di Aula FH UKI, Salemba, Jakarta Pusat.
Dipandu Pereddi Sihombing sebagai moderator, seminar tersebut menghadirkan para pembicara antara lain Laksda M.Jurianto selaku Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemenhan mewakili Menteri Pertahanan, Mayjen Supriyatna (Kababinkum TNI) mewakili Panglima TNI, Kepala TNCC mewakili Kapolri, Brigjen Rudi Hartono dan Pakar ketahanan nasional Dr.Yudy Krisnandi.

Kepala Badan Pembinaan Hukum MABES TNI, Mayjen TNI S. Supriatna mengungkapkan bahwa peran TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara, Hal ini diatur dalam pasal 5 UU No.34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam melaksanakan fungsinya, TNI merupakan komponen utama yang siap digunakan untuk melaksanakan tugas pertahanan.